Salah satu cara mendongkrak performa Yamaha Jupiter MX 135;"/> Aplikasi Karburator PE 28 Di Yamaha Jupiter MX - Otomotifnet : Mega Portal Berita dan Komunitas Otomotif

otomotifnet.com


Minggu, 12 September 2010 14:17 WIB
Motor

Aplikasi Karburator PE 28 Di Yamaha Jupiter MX

OTOMOTIFNET - Salah satu cara mendongkrak performa Yamaha Jupiter MX 135; mengganti karburator dengan yang berventuri lebih besar. Pilihannya Keihin PE 28 mm milik Honda NSR SP (gbr.1). Selain setting-nya tak terlalu sulit dan mudah didapat di pasaran, banderolnya pun cukup terjangkau.

"Di tempat gue dijual Rp 550 ribu," urai Rudy Sukiman, bos Ahau Motor di Jl. Akses UI, Kelapa Dua, Depok, Jabar. Pilihan lain, PE 28 versi TDR (gbr.2). Bentuknya mirip, tapi dari spek, kata Benny Rahmawan, R&D PT Mitra2000, pemegang merek TDR, perbedaan ada di jarum skepnya. 


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

"Porfil needle jet di PE 28 versi TDR (gbr.3) dirancang mengarah ke kompetisi. Tapi bisa juga buat harian," jelasnya. Banderol karbu ini di pasaran sekitar Rp 700 ribuan. Lantas gimana cara mengaplikasi PE 28 bawaan NSR SP atau versi TDR di Jupie MX?

Ternyata, buat menerapkan di bebek super andalan pabrikan berlambang Garputala ini butuh beberapa penyesuaian. Terutama pada bagian intake manifold-nya. "Kalau pakai PE 28, mesti pakai intake manifold yang model karet (gbr.4). Karena karbu asli MX135 pemasangannya kan pakai baut (gbr.5) kayak di motor bebek umumnya," ujar Slamet, mekanik Bintang Racing Team (BRT) di Cibinong, Bogor.

Masih kata Slamet, karet intake yang dimaksud untuk PE 28 banyak kok, dijual di pasaran. Harganya Rp 70-80 ribuan. Tapi tak cukup sampai di situ saja lo. Sebelum memasang karet intake tadi, mesti diganjel adaptor dulu setebal 5-6 mm dengan bentuk yang dibuat agak miring.


Gbr 5

"Sebab posisi dudukan atau lubang baut buat karbu standar di leher angsanya tidak lurus vertikal. Kalau langsung pasang karet manifold, nanti posisi karburatornya jadi miring ke bawah. Sehingga arah flow bahan bakar jadi melengkung," jelasnya.

Adaptor ini bisa dibuat di tukang bubut. Biayanya Rp 50-60 ribuan. Selain itu jika pakai karbu ini, filter udara bawaan motor mesti dipensiunkan. Gantinya filter racing. Nah, kalau ogah repot, bagi warga Jabodetabek bisa datang ke markas BRT di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja No.102, Ciriung, Cibinong. Sekalian langsung minta di-setting karbu sesuai kondisi mesin Jupie MX Anda.

Oh iya, kata Slamet kalau mesin masih standar..dar..dar, kombinasi pilot jet dan main jetnya pakai 38 (pj) dan 112 (mj) atau 115. Sementara untuk yang sudah bore-up atau korek inlet serta exhaust port-nya, pj dan mj umumnya naik 1-2 step. Tapi tetap mesti dilakukan trial and error untuk dapat hasil pembakaran yang optimal.

Telepon:
Ahau Motor : 021-7162 8889
BRT : 021-8765447, Cibinong
Mitra2000 : 021-6930777


Penulis/Foto: DiC / Teguh

Penulis : arseen | Teks Editor : arseen | Fotografer :