Kamis, 10 Maret 2011 08:35 WIB
Head Unit Toyota Avanza

Pilihan Head Unit Toyota Avanza: Monitor Rp 1-2 Jutaan Nih!

Jakarta - Head unit standar Toyota Avanza dianggap sebagian besar pemiliknya masih sangat sederhana. Semisal pada Avanza 1.3 G, masih sebatas slot buat kaset dengan model single DIN. Sementara di Avanza 1.5 S, sudah bertipe double DIN dengan slot CD, namun panel LCD belum berupa monitor.

 Monitor on dash buat avanza didesain model universal

Paling mudah memang dengan menggantinya dengan versi aftermarket, baik tipe single maupun double DIN. Sebab di pasaran sudah banyak pilihan dengan suguhan beragam fitur terkini.

Jika dana Anda terbatas tapi tetap menginginkan produk dengan spesifikasi lebih tinggi dari head unit standar, bisa datangi toko khusus audio mobil yang punya jaminan garansi produk.

Seperti gerai Everyday Sale (ES) di Jl. KH. Zainul Arifin No.33, Jakbar. Menurut Ganda Wijaya, sales manager ES, pilihan head unit buat Avanza tersedia mulai harga di bawah Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan.

Sebagai panduan dasar sebelum memilih head unit aftermarket, sebaiknya tanyakan kondisi barang yang hendak dibeli. Belum tentu tampilan luarnya yang terlihat gres, sebanding dengan kualiats reproduksi suara yang mampu dihasilkannya.

"Sebaiknya pilih produk yang bergaransi. Di tempat kami (ES), seluruh produk head unit digaransi selama setahun sejak tanggal pembelian," promosi Akiat, sapaan pria langsing ini.

Untuk single DIN bisa pilih produk branded seperti Sony, Clarion, Pioneer atau Panasonic. Umumnya sudah berbekal slot USB, untuk memudahkan pemakainya jika hendak memasang MP3 player. "Kalau untuk single DIN, banyak pilihannya dengan harga mulai dari Rp 450 ribu," tandas Akiat.

Versi double DIN merupakan tipe yang paling banyak diminati penikmat hiburan di kabin. Beberapa produk sohor macam Alpine, Kenwood dan Pioneer saling berlomba menggelontor model universal yang bisa dipasang di panel head unit Avanza.

 Pilihan tipe single DIN yang sudah tersedia slot USB (Kiri). Pemasangan tidak butuh waktu lama karena wiring didesain plug & play (kanan).
Sayangnya banderol masih terbilang mahal untuk sebuah komponen pengganti head unit standar, terlebih jika peruntukannya sekadar buat harian. Pilihan lebih terjangkau bisa lirik monitor Varity VA-6503DT, seharga Rp 2,4 juta berikut pemasangan.

 Pilihan monitor on dash buat Avanza tersedia merek JEC GD-666D seharga Rp 2,35 juta. Dimensi LCD 6,5 inci miliknya sudah dibekali fitur scroll touch screen, sehingga memudahkan memilah opsi menu di layar monitornya.

Selebihnya tersedia pilihan monitor dobel DIN merek Audiobank AB-TV6502 seharga Rp 2,3 juta, serta produk sejenis label Thump TP-DV6508 dengan banderol Rp 2,25 juta.

Kedua produk head unit monitor ini sudah dilengkapi slot USB, SD card, card DVD dan sudah disupport fitur LCD 6,5 inci scroll touch screen.  (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Anton