Senin, 21 Maret 2011 14:10 WIB
Tips Audio Honda Freed

Cara Mudah Optimalkan Kualitas Suara Audio Honda Freed


JAKARTA
- Beberapa pemilik Honda Freed yang tergabung dalam komunitas Honda Freed Owner's Indonesia (Hofos), ada yang menganggap kalau sound system Freed cukup apik di telinga.

Seperti pengakuan Yudi, member Hofos dengan nomor keanggotaan 081 asal Garut, Jabar. "Buat harian masih enak didengar, ngga perlu banyak ubahan (upgrade) yang penting tahu settingan yang ideal di kuping kita," ungkap pengusaha kedelai ini.


 Menciptakan sistem 2-way speaker cukup menambah tweeter versi knockdown
Pemahaman Yudi soal setting audio ideal di kabin Freed memang cukup beralasan. Lantaran head unit double DIN Kenwood DPX-MP6110U, sudah dibekali beberapa fitur terkini buat mengadjust suara lebih berkualitas, tanpa harus mengganti driver utama tadi termasuk speaker standarnya.

Fitur yang bisa dijajal seperti DTA (Digital Time Alignment). Menurut Bagus Irianto, manajer teknik PT Sinarsakti Anekasarana (SA), agen tunggal Kenwood di Jl. Cideng Barat No. 7, Jakpus, kemampuan opsi ini dapat dimaksimalkan untuk menciptakan efek sound staging di dasbor.


 Subwoofer aktif model slim cukup efektif mendongkrak performa bass di kabin
Untuk masuk ke dalam menu tadi, pilih opsi sound setup kemudian akan tampil pilihan mencakup cabin, DTA serta xover (crossover). Kemudian pilih menu DTA yang akan menyajikan pilihan untuk setting di kabin depan (front), belakang (rear) serta subwoofer (sub) jika ingin menambah perangkat penabuh nada bass ini.

Lanjutkan dengan menyesuaikan jarak untuk DTA di kabin depan maupun belakang, sesuai posisi duduk dan postur tubuh Anda supaya suara bisa sempurna mencapai ke telinga. Menu ini lebih kepada peruntukkan sound quality, tanpa harus mengganti head unit standar dengan versi aftermarket.


 Jarak maksimum untuk mengatur DTA sejauh 440 cm baik di kabin depan, belakang maupun buat subwoofer
Jika ingin menciptakan komposisi lebih ideal di telinga, bisa mengatur ulang level crossover atau titik pemotongan respon frekuensi, setelah mendapatkan jarak terbaik dengan pengaturan DTA tadi.

Namun jika entakan nada bass masih dirasa kurang berbobot, tidak perlu membuat boks subwoofer. Anda cukup menambah subwoofer aktif model slim, yang dapat diletakkan di bawah jok penumpang depan.  (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Anton