Sabtu, 16 Juli 2011 11:01 WIB
Paket Tips Mitsubishi Pajero Sport

Agar Bau Asap Gak Masuk Kabin Pajero Sport

 
JAKARTA - Di balik wajahnya yang gagah, Mitsubishi Pajero Sport punya banyak cerita dari penggunanya. Pada edisi ini, OTOMOTIF mengumpulkan beberapa suara baik dari pembaca maupun sahabat mengenai SUV diesel ini.

Salah satunya datang dari Banjarnegara, Jateng. Adnan Sobari membuka surat elektroniknya ke meja redaksi dengan kabar telah meminang Pajero Sport pada Maret 2010. "Tiap di belakang truk atau bis, asap dari bus masuk ke kabin," kira-kira demikian tulisnya dalam surat.

Hal serupa pernah juga terjadi pada mobil anyar seperti Toyota Kijang Innova. Sayangnya, hasil survey OTOMOTIF menunjukkan Pajero Sport masih tergolong baru dan belum banyak yang masuk bengkel AC dan mengeluhkan hal serupa.


 Pastikan sirkulasi udara di kabin, bukan mode fresh air
Kenapa bengkel AC? Karena asap bisa masuk dari lubang fresh air dari sistem AC. Nah, kalau sampai tercium asap, bisa pastikan dulu sistem ini sudah diposisikan untuk sirkulasi udara dalam kabin.

Namun kalau masih tercium juga, "Biasanya dari katup sirkulasi yang tidak rapat," ujar Hendrik Tannal, juragan Vent's AC di Kebon Jeruk yang mengaku belum pernah menemukannya di Pajero Sport.

Uniknya, Wedha Wiryawan, pentolan Indo Pajero Community sharing pengalaman rekan-rekan di klub. "Semula tidak tahu, tetapi bau bisa jadi karena ada karet sealer yang tertekuk di belakang steering rack. Ketahuannya malah waktu klaim steering rack karena ada speleng. Itu pengalaman teman-teman, saya sendiri tidak mengalami," papar Wedha sapaan karibnya.

 Periksa juga karet penutup kabel di firewall setelah pasang audio
Disinyalir beberapa Pajero Sport keluaran awal 2010 yang mengalami hal tadi. Meski tidak banyak, siapa tahu penyebabnya sama. Selain kedua sebab tadi, bisa juga cek apakah pernah pasang audio.

Pemasangan audio perlu mengambil jalur kabel power amplifier dari aki. "Bisa saja saat pemasangan, karet tutup kabel di firewall tidak rapat. Atau mungkin juga ada yang tersenggol di evaporator sehingga katupnya tidak menutup sempurna," ulas Zasum, pemilik Pesona Audio di Pos Pengumben, Jakbar.   (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Manut | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Reza