otomotifnet.com


Minggu, 21 Agustus 2011 12:07 WIB
Aksesoris Mobil

Nih Kampas Rem Tak Kalah Dengan Versi Ori


Kampas rem Paraut menjadi tandingan orisinal dengan banderol setengah harga dari versi orisinal
Jakarta -  Melakukan persiapan untuk liburan dengan mobil kesayangan tak melulu seputar mesin dan kaki-kaki saja. Lebih dari itu masih ada beberapa perangkat yang harus dilongok agar perjalanan selalu menyenangkan.

Diantaranya yang paling krusial adalah perangkat deselerasi alias rem. Tanpa ada rem, mobil tak bisa diajak berhenti dan bisa berakibat fatal. Penting diperhatikan adalah kampas rem yang tergolong fast moving parts.

Setengah Harga
Brake pads alias kampas rem yang bisa habis akibat tergesek dengan piringan rem, sudah seharusnya dicek dengan seksama sebelum melakukan perjalanan jauh.

Pemakaian yang cukup lama, tetap tak menutup kemungkinan terjadinya penipisan atau keausan pada bagian kampas rem. “Kampas rem tergolong fast moving parts karena wajib diganti secara berkala,” jelas Apendi, kepala bengkel Suzuki Kebon Jeruk, Jakbar.

Sifat parts yang harus dibeli secara repeatable ini, membuat kampas rem diproduksi oleh banyak vendor selain yang versi orisinal. Meski sebenarnya tak direkomendasi oleh bengkel resmi, tetapi sebenarnya kampas rem aftermarket bisa diandalkan.

Di pasaran tersedia banyak sekali alternative kampas rem selain versi genuine. Mulai dari buatan lokal hingga mancanegara. Sebutlah merek seperti Bendix, Autoline, TDW, KGW atau Paraut.

Uniknya, setiap merek mobil yang beredar di tanah air memiliki parts tandingan dengan harga yang bisa setengah dari versi orisinal.

“Untuk Isuzu Panther bisa terbalik karena kampas rem orisinal dibanderol lebih murah ketimbang yang aftermarket,” sahut Leman dari Fajar Timur Motor di sentra onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel.

Produk Bendix yang sudah terkenal di mancanegara juga membuat untuk Isuzu Panther dengan harga terjangkau(kiri). Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memiliki kemudahan dalam silang komponen kampas rem dan sudah tersedia kampas rem versi aftermarket merek KGW(kanan).
Isuzu yang memiliki produk kampas rem orisinal versi lokal, membanderolnya Rp 80 ribu/pasang untuk kampas rem depan. Sementara versi aftermarket yang dibuat oleh Bendix dihargai RP 125 ribu.

Dari segi kualitas, kampas rem merek Bendix diklaim lebih baik karena tak menggerus piringan cakram. “Kampasnya tergolong empuk dan memiliki bahan metalik yang membuat pengereman pakem tetapi tak menghabiskan kampas rem,” terang Leman lagi.

Lain lagi cerita kampas rem Nissan Livina dan Grand Livina. Brake pads orisinal versi Nissan lazim dibanderol Rp 450 ribu/pasang. Kondisi ini membuat banyak pemilik Nissan Livina beralih ke kampas rem yang lebih ekonomis.

Sebagai alternatif, Wie Kiat dari Arena Motor di sentra onderdil Duta Mas, Jaksel menyarankan kampas rem produk Paraut. Menurutnya, meski bukan orisinal, kampas rem Paraut masih dibuat di Jepang.

Artinya, kualitas kampas rem bisa dibilang ‘sebelas-duabelas’ dengan versi orisinal. Malah, banyak yang bilang kalau Paraut merupakan salah satu vendor Nissan di masa lampau sehingga kualitas bisa setara.

Sebagai perbandingan saja, harga kampas rem depan Nissan Grand Livina merek Paraut hanya dibanderol Rp 225 ribu/pasang. Tentunya harga ini belum termasuk ongkos pasang. “Sejauh ini, belum ada yang komplain memakai kampas rem Paraut,” terang Wie Kiat.

Hal sama berlaku pula untuk kampas rem milik Daihatsu Xenia yang setali tiga uang dengan Toyota Avanza. Brake pads versi orisinal Astra alias genuine parts dibanderol RP 245 ribu/pasang. Kampas yang diproduksi oleh TDW ini memang paten karena TDW adalah vendor parts mobil ternama.

Namun banyak juga yang menganggap harga itu masih terlelu tinggi untuk sepasang kampas rem. Sehingga Heriyanto dari ABC Mobilindo Utama juga menawarkan alternatif kampas rem versi aftermarket.

Dibanderol seharga Rp 95 ribu dengan merek KGW, kampas rem non-asbestos ini dinilai cukup ampuh untuk menghentikan laju mobil dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Bahkan Jeep Cherokee yang terkenal mahal komponen kampas remnya, juga sudah ada substitusi versi pahe berlabel Autoline dengan banderol hanya setengah harga(kiri). Ferodo dikenal tergolong paling lengkap itemsnya untuk semua mobil(kanan).
Uniknya lagi, kampas rem ini memiliki persamaan yang cukup banyak. Artinya, kampas rem Daihatsu Xenia bisa dipakai ke mobil lain seperti Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Daihatsu Taruna dan Suzuki APV.

Yup, Suzuki APV sekalipun memiliki kampas rem yang identik alias setali tiga uang. Hanya saja, harga kampas rem genuine Xenia yang dibanderol RP 245 ribu dinilai terlalu tinggi karena kampas rem genuine APV hanya Rp 225 ribu.

Meski begitu, Heriyanto tak menyarankan untuk silang komponen kecuali dalam kondisi terpaksa. “Semisal kampas rem Xenia bermasalah saat dalam perjalanan dan di depan mata hanya ada pos siaga Suzuki, masih bisa tertolong untuk melakukan subtitusi,” ujarnya.

Makanya, jangan sampai kejadian seperti di atas. Pastikan fungsi rem bekerja dengan sempurna. Termasuk peranti pendukung lainnya seperti master rem, minyak rem dan slang rem. Lebih baik melakukan pengecekan terus selama diperjalanan sekalipun.  (mobil.otomotifnet.com)

TABEL HARGA KAMPAS REM:
Nissan Livina & Grand Livina:
Paraut Rp 225 ribu,

Orisinal Rp 450 ribu

Isuzu Panther:
Bendix Rp 125 ribu,

Orisinal (lokal) RP 80 ribu

Daihatsu Xenia:
KGW Rp 95 ribu,

Orisinal Rp 245 ribu

Jeep Cherokee:
Autoline Rp 300 ribu,

Orisinal (Mopar) Rp 600 ribu

Suzuki APV:
MK Rp 90 ribu,

Orisinal (SGP) Rp 225 ribu

KAMPAS REM AFTERMARKET
Bendix tipe General Ceramic Titanium (Depan)
Tipe Mobil Harga per set

Isuzu Panther (kotak & kapsul)
Rp 205 ribu

Suzuki APV, Daihatsu Xenia, Taruna & Terios, Toyota Rush & Avanza, Mitsubishi Kuda
Rp 230 ribu

Honda Freed, Jazz & City '2005, Toyota Kijang Kapsul & Vios'2005
Rp 255 ribu

Honda Jazz RS, KIA Picanto, Nissan Terano, Toyota Camry '2004
Rp 295 ribu

Toyota Kijang Innova, Suzuki Grand Escudo, Daihatsu Sirion
Rp 325 ribu

Suzuki Swift, Chevrolet Aveo & Lova
Rp 345 ribu

Nissan Livina & Grand Livina, Toyota Vios'2009, Mazda 2
Rp 360 ribu

Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Xtrail'2005 & Suzuki Grand Vitara
Rp 395 ribu

Sumber: PT. Sumber Berkat

Ferodo Zero (Depan)
Tipe Mobil Harga per set

Honda JAZZ GD, Civic Genio & Estilo
Rp 175 ribu

Honda CR-V '98-02, Stream 1.7, Civic Ferio & Civic '00-04
Rp 180 ribu

Honda Oddysey & CRV i-VTEC '03-06
Rp 150 ribu

Mitsubishi Galant V6(hiu) & Eterna '89-03
Rp 160 ribu

Toyota Yaris
Rp 220 ribu

Toyota Vios/Limo & Altis
Rp 190 ribu

Toyota Avanza & Rush, Daihatsu Xenia & Terios
Rp 175 ribu

Toyota Kijang Innova
Rp 180 ribu

Hyundai Atoz, Accent & Getz
Rp 145 ribu

Hyundai Trajet 2.0
Rp 220 ribu

Suzuki Carry 1.5 & Grand Escudo
Rp 170 ribu

Suzuki Escudo, Side kick & Vitara '92-99
Rp 200 ribu

Suzuki Baleno 1.6 '96-03
Rp 155 ribu

Nissan X-Trail
Rp 187,5 ribu

Nissan Serena 2.0 '97
Rp 162,5 ribu

Isuzu Phanter
Rp 150 ribu

Sumber: PT. Sumber Berkat (021-26538548)
Penulis : Kl:X | Teks Editor : Bagja | Fotografer : KLX