otomotifnet.com


Sabtu, 21 Januari 2012 08:29 WIB
Tips Mesin

Kampas Kopling Kawasaki KLX 150S Bisa Pakai Honda Tiger!


Bukan berarti kampas kopling Kawasaki KLX 150 tidak bagus mutunya. Tapi, jika bisa substitusi dengan part lain yang kekuatannya juga tak kalah bagus, kenapa tidak. Ya, terutama jika dipakai buat adventure ‘main’ ke jalan off-road.

"Bisa substitusi pakai kampas kopling Honda Tiger atau Honda Mega Pro. Enggak perlu repot pemasangannya. Karena bentuknya sama,” ungkap Syafrudin, mekanik Roby Steam di Jl. Arteri Kelapa Dua Raya, No. 25 (depan Sasak II), Jakarta Barat.

Agar lebih yakin, silakan masukan kampas kopling Tiger di rumah kopling KLX 150. Pastinya, kampas akan mudah masuk layaknya pakai part orisinal motor dual purpose itu. Ya, kampas masuk tanpa harus memperkecil lebar kampas terluar.

Dalam pemasangan, pelat gesek orisinal KLX masih bisa digunakan buat mendampingi kampas subsitusi itu. Namun saran One, baiknya pelat judder spring tak usah dipakai lagi. “Kalau dipakai, malah bikin kampas cepat aus. Gak dipakai juga gak apa kok,” sahut pria yang bengkelnya punya nomor telepon (021) 705-71145.

Seperti disebut sebelumnya kalau kampas kopling KLX 150 dan Tiger tak berbeda dimensi. “Bedanya hanya di bahan, terutama warna. Milik Tiger gelap. Ketebalannya juga hampir sama saja,” bilang Oneni, sapaan karib Syafrudin.

Penyesuaian hanya sebatas melubangi rumah kopling saja. Tapi, lubangnya jangan terlalu besar juga terlalu kecil. Tujuan proses ini agar oli atau pelumas bisa lebih masuk ke sela-sela kampas kopling. “Kalau terlalu besar, bisa kurangi kekuatan rumah kopling. Cukup pakai mata bor ukuran 6,” sahut pria yang juga dipanggil One itu.

Ketika dipakai kompetisi, tentu butuh penyesuaian lain. Misalnya buat balap di grasstrack. Sobat juga bisa pakai per kopling tipe kompetisi agar daya balik kopling semakin spontan.

Beragam merek per kopling buat KLX 150, bisa ditemukan dipasaran. Soal harga, juga bervariasi. Misal, merek Vertex yang dijual Rp 75 ribu.   (motorplus-online.com)
Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Fotografer : Boyo