Sabtu, 15 Juni 2013 16:16 WIB
Tips Mobil

Aplikasi Pembersih Ruang Bakar Pada Toyota Avanza Tipe S, Bikin Mesin Tetap Sehat


Membersihkan ruang bakar pada kendaraan kesayangan, kadang sering terlewat dikarenakan sibuknya aktivitas sehari-hari. Apalagi, kendaraan masa kini rata-rata punya rentang servis lebih lama, hingga 10 ribu kilometer. Tapi bukan berarti melupakan perawatan rutin kan. Sekarang bagaimana caranya menjaga performa mesin selalu sehat.

Paket yang ditawarkan OTOMOTIF Service Station (OSS) di Jl. Panjang No.8A, Jakbar bisa jadi pilihan. Menggunakan Wealthy Injection Cleaning Tool Set (WICT), sistem ini punya kelebihan bikin ruang bakar lebih sehat. “Tak hanya ruang bakar, tapi juga injektor bakal ikut bersih karena WITC akan mem-by pass jalur bahan bakar, dan tetap aman untuk catalytic converter,” ungkap Almus dari Foerch Indonesia.

Bahan prakteknya kali ini adalah Toyota Avanza tipe S bertransmisi otomatis yang telah menempuh 41 ribu km. “Untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc, cukup satu tabung, kalau lebih, perlu 2 tabung,” ujar Rudy Hansen, mekanik andalan OSS sembari menyebut harga Rp 325 ribu untuk paket WITC, termasuk tune up. Semakin besar kapasitas mesin, tentu ongkosnya akan lebih mahal. Langkah-langkahnya, yuk lihat foto berikut. (mobil.otomotifnet.com)

Tahap pertama, lepaskan soket fuel pump terlebih dahulu. Letaknya dekat tangki bensin, di sisi sebelah kanan. Tujuannya, agar bensin tidak mengalir pada saat proses pembersihan, karena jalur bahan bakar nantinya memakai alat WITC.

Selanjutnya, lepaskan slang bensin yang menuju injektor. Gunakan tang untuk melepas klem penguncinya, perhatikan jangan sampai klem hilang.

Pada alat pembersih Wealthy, terdapat 2 slang. Sambungkan satu aliran slang Wealthy dengan saluran injektor yang telah dilepas, dan slang lainnya menuju kompresor angin sebagai sumber tekanan udara. Nantinya, udara bertekanan ini yang akan mengganti fungsi fuel pump standarnya yang tidak digunakan lagi.

Untuk mengatur tekanan udara yang dibutuhkan, harus menggunakan remote khusus. “Untuk Avanza yang sudah close loop agak tinggi, sekitar 3,5 bar sampai 4,1 bar agar obat masuk sempurna ke ruang bakar,” papar Rudy lagi. Selanjutnya tinggal tunggu obat pembersih habis, sekitar 30 menit. Nah, enaknya sistem ini, mesin enggak perlu digeber-geber atau digas tinggi untuk merontokkan kerak di ruang bakar. Karena yang bekerja adalah obatnya, bukan seberapa tinggi putaran mesin.
Penulis : Agin | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Agin